Keindahan Surga Bawah Laut Indonesia

Aliza Marcella
Keindahan bawah laut Wakatobi.

Keindahan bawah laut Wakatobi.

Indonesia juga surga bagi para pemuja keindahan laut.

JAKARTA, Jaringnews.com – Mengelilingi tempat-tempat yang indah di seluruh dunia mungkin menjadi impian setiap orang. Namun, sebelum Anda mewujudkan keinginan tersebut, ada baiknya Anda menjelajahi seluruh tempat di Nusantara yang tidak kalah indahnya terlebih dahulu.

Bagaimana tidak. Semua hal baik ada di Indonesia: keindahan, ragam budaya dan adat istiadat membuat setiap insan berdecak kagum memuji betapa indahnya bumi ibu pertiwi ini.

Ingin berpetualang dan menikmati keindahan laut? Jangan ditanya. Indonesia juga surga bagi para pemuja keindahan laut. Beberapa tempat ini akan membuat Anda–yang memiliki hobi diving maupun snorkling–berpikir ulang untuk lebih memilih menjelajahi alam bawah laut Indonesia ketimbang berplesiran ke tempat-tempat di luar negeri.

1. Karimun Jawa
Surga bagi para penyelam di sekitar Laut Jawa. Letaknya di seberang laut dari Semarang, Jawa Tengah. Karimun jawa terdiri dari 27 pulau kecil yang dikelilingi laut yang kaya akan gugusan karang biru Acropora. Sisa-sisa Indonour, kapal pedagang kuno yang karam pada tahun 1955, bisa dinikmati oleh para penyelam. Anda juga dapat melihat beragam penyu laut yang terdapat di taman perlindungan alam.

2. Wakatobi
Letaknya di Sulawesi Tenggara dan berada di daftar teratas tempat yang wajib dikunjungi diver dunia. Daerah yang paling kaya keanekaragaman terumbu karang, dengan 750 dari 850 spesies koral, jenis karang yang beragam serta biota lautnya yang jarang di temukan di wilayah lainnya. Ditetapkan sebagai kawasan taman nasional di tahun 1996, dengan luas keseluruhan 1,39 juta hektar.

3. Alor
Pulau Alor terletak di ujung timur kepulauan Nusa Tenggara. Bisa dibilang, keindahan bawah laut di tempat ini sama dengan Laut Karibia. Luas wilayahnya 2.199 km persegi. Pulau ini berbatasan dengan Flores dan Laut Banda di sebelah utara, Selat Ombai di selatan, serta Selat Pantar di barat.

4. Kepulauan Derawan
Dataran pantai bertopografi datar di Kalimantan Timur. Di perairan ini, terdapat taman laut yang terkenal sebagai wisata selam dengan kedalaman sekitar lima meter. Beragam biota laut, semisal cumi-cumi (cuttlefish), lobster, ikan pipa (ghostpipe fish), gurita (bluering octopus), kuda laut (seahorses) dan scorpionfish menambah keindahan perairan ini. Di kedalaman sepuluh meter, terdapat karang yang dikenal sebagai Blue Trigger Wall, merujuk pada ikan trigger (red-toothed trigger fishes) yang hidup di karang sepanjang 18 meter tersebut.

5. Pulau Banda
Primadona dari Ambon. Terletak di tenggara Pulau Ambon yang terdiri dari 10 pulau kecil. Tiga pulau terbesar di kawasan ini yakni Pulau Neira, Pulau Banda Besar dan Pulau Gunung Api. Kehidupan bawah laut di kawasan ini sangat mengagumkan.

6. Pulau Komodo
Pulau di Kepulauan Nusa Tenggara ini semakin dikenal. Tak hanya karena merupakan habitat asli hewan komodo, tetapi juga keindahan lautnya yang membuat takjub.

7. Tulamben
Berjarak sekitar 102 kilometer dari Denpasar, Bali. Di sini juga menawarkan kursus penyelaman dan fotografi bawah air, untuk mengabadikan keindahan biota laut seperti siput laut, kepiting, udang, dan ghost pipefish dan masih banyak lagi.

(Aml / Nky)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s